Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts with A Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 27 Aceh Besar

Mulyadi, 201223462 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts with A Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL MULYADI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencapai proses pembelajaran yang aktif, pada umumnya guru di MIN 27 Aceh Besar tidak tepat menggunakan model pembelajaran yang harusnya sesuai dengan materi ajar. Sehingga siswa di kelas sering merasakan jenuh dan kurang bergairah dalam belajar yang membuat suasana kelas cenderung pasif dan sedikit siswa yang mau bertanya pada guru meskipun materi yang diajarkan belum dipahami sehingga mempengaruhi hasil belajar. Mengingat persoalan yang berujung pada tidak memuaskannya hasil belajar siswa membuat peneliti sangat berhati-hati dalam menerapkan model pembelajaran. Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran learning starts with a question dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran learning starts with a question pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran learning starts with a question. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dua siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen penelitian, lembar observasi, tes, dan diolah menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dengan penerapan model pembelajaran learning starts with a question meningkat dari siklus I hanya pada 66,66% menjadi 79,76%, (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya pada 68,42% menjadi 78,40%, (3) Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I hanya 65,78% meningkat pada siklus II menjadi 89,47% ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya dengan diterapkan model pembelajaran learning starts with a question pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V MIN 27 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Irwandi, M.A 2. Daniah S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Learning Starts With a Question Pelajaran IPA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:08
Last Modified: 18 Jun 2019 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item
TOP