Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 3 Montasik

Fitria Maghfirah, 140201049 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 3 Montasik. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (membahas tentang model pembelajaran)
FORM B DAN FORM D FITRIA MAGHFIRAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (931kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan, dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang terlaksana di SMPN 3 Montasik masih berpusat pada guru. Ketika pembelajaran berlangsung, siswa hanya menerima informasi apa yang disampaikan oleh guru tanpa memahami dan mengetahui makna yang dipelajarinya, sehingga siswa merasa bosan, kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Tercapainya keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh model-model pembelajaran yang diterapkan guru saat proses belajar mengajar. Adapun model index card match merupakan model pembelajaran yang sederhana, dimana para siswa dibagi kartu soal dan kartu jawaban sebagian siswa mendapatkan kartu soal dan sebagianya lagi mendapatkan kartu jawaban. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe index card match. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe index card match. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Montasik yang berjumlah 20 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes. Kemudian hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru meningkat dari 79,6 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II, (2) aktivitas siswa meningkat dari 67,5 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II, (3) hasil belajar siswa meningkat dari hasil pree test siklus I sebesar 30 menjadi 80 pada hasil pre test siklus II. Sedangkan hasil post test siklus I sebesar 60 menjadi 90 pada hasil post test siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning Tipe index card match dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Azhar, M.Pd 2. Izzati, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitria Maghfirah Fitria
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:18
Last Modified: 18 Jun 2019 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item
View Item