Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Aceh Besar

Nurul Fazillah, 261324650 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Matematika]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Matematika)
NURUL FAZILAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan upaya-upaya perbaikan yang salah satunya adalah pengembangan model pembelajaran yang bervariasi dan akurat. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa salah satunya yaitumodel pembelajaran Brain Based Learning (BBL) yang memiliki tujuh tahapan pembelajaran yaitu: pra-pemaparan, persiapan, Inisiasi dan akuisisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, verifikasi dan pengecekan keyakinan, dan perayaan dan integrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen dengan rancangan One group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar yang tersebar dalam 6 kelas, sampel ditarik secara random satu diantara 6 kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar yang diajarkan melalui model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Brain Based Learning,Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fazillah Nurul
Date Deposited: 18 Dec 2019 10:24
Last Modified: 18 Dec 2019 10:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item
View Item