Penerapan Model Pembelajaran Needham Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Darul Ihsan

Putri Aulia Rahmi, 261324649 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Needham Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Darul Ihsan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan model pembelajaran Needham]
Preview
Text (Penerapan model pembelajaran Needham)
PUTRI FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan baik itu permasalahan yang terkait dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan upaya-upaya perbaikan yang salah satunya adalah pengembangan model pembelajaran yang bervariasi dan akurat. model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Needham yang memiliki lima tahapan pembelajaran yaitu: orientasi, pencetusan ide, penstrukturan semula ide, penggunaan ide, dan refleksi . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Persamaan Garis Lurus melalui penerapan model pembelajaran Needham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan One group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Darul Ihsan yang tersebar dalam 5 kelas, sampel ditarik secara random satu diantara 5 kelas yaitu kelas VIII-E. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembaran tes. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji stastistik T(Paired sample t- test). Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Needham dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Persamaan Garis Lurus siswa VIII MTsS Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Needham, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Aulia Rahmi Putri
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:12
Last Modified: 18 Dec 2019 07:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item
View Item