Kompetensi Guru PAI dalam Praktikum Materi Ibadah Praktis di SMAN 2 Aceh Barat Daya

Asrol Hadi, 140201188 (2019) Kompetensi Guru PAI dalam Praktikum Materi Ibadah Praktis di SMAN 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi Guru PAI)
Kompetensi Guru PAI Dalam Praktikum Materi Ibadah Praktis di SMAN 2 Aceh Barat Daya.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kompetensi adalah salah satu komponen yang harus dimiliki oleh pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Berhasilnya pendidikan sangatlah berpengaruh pada kompetensi yang dimiliki oleh pendidik terutama terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI dalam praktikum materi ibadah praktis, (2) bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam praktikum materi ibadah praktis, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam praktikum materi ibadah praktis. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI baik. Hal ini terlihat dari hasil praktikum materi tajhiz mayat yang dilakukan oleh guru PAI dalam penggunaan media oleh guru sudahlah sesuai dengan materi yang diajarkan kepada siswa yaitu seperti media infocus, laptop dan alat-alat praktikum seperti boneka, kain kafan, serta media lain yang besrsangkutan dengan materi tajhiz mayat. Kemudian dalam langkah-langkah praktikum ibadah tajhiz mayat yaitu ada dua hal yang perlu dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan praktikum yakni pendidik harus memberikan simulasi terlebih dahulu, kemudian memberikan kepercayaan kembali pada siswa untuk mempraktikkan tanpa diajarkan. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam praktikum yang di mulai dari memandikan, mangkafani, dan menyalatkan mayat. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan praktikum adalah kurangnya fasilitas praktikum sehingga proses praktikum tazhiz mayat tidak lengkap dalam pelaksanaanya. Hal ini terlihat pada kegiatan praktikum yang di lakukan oleh siswa hanya mamandikan, mengkafani, dan meyalatkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru PAI sudah memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam praktikum materi ibadah tajhiz mayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Hj. Dr. Nurjannah Ismail, M.Ag. 2.Sri Astuti, S.Pd. I., MA.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Praktikum,Tajhiz Mayat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asrol Hadi Asrol
Date Deposited: 19 Jun 2019 04:27
Last Modified: 19 Jun 2019 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8227

Actions (login required)

View Item View Item
TOP