Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matemtaika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Nagan Raya

Rosdiana, 140205002 (2019) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matemtaika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika)
PDF GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, karena pemahaman konsep itu sendiri merupakan dasar untuk mengembangkan kemampuan matematika lainnya. Namun berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa MTsN 1 Nagan Raya diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung”. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Nagan Raya. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Cara mengolah data dengan menggunakan uji-t, karena data kemampuan pemahaman konsep merupakan data ordinal, maka terlebih dahulu datanya dikonversikan ke data interval dengan mengunakan MSI (Method Successive Interval). Berdasarkan hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (t_(hitung )>t_(tabel ) atau 2,28 > 1,68).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Drs. Ir. Johan Yunus, S.E., M.Si 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rosdiana Diana
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:08
Last Modified: 20 Jun 2019 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item
TOP