Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Osborn

Nisyatul Laena, 140205015 (2019) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Osborn. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Kemampuan Berpikir Kreatif dan Model Pembelajaran Osborn)
Nisyatul Laena.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Namun, selama proses belajar mengajar matematika siswa hanya mengikuti prosedur yang diberikan guru, siswa hanya mengetahui dan menggunakan rumus yang diberikan guru untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa hanya berfokus kepada apa yang disampaikan oleh guru. Akibatnya, siswa tidak berani mencoba hal yang baru sehingga kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tidak berkembang secara optimal. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang menuntun siswa untuk aktif berpikir dan mencari suatu jawaban atas permasalahan adalah model pembeljaran Osborn dengan teknik brainstorming atau pembelajaran yang mengacu pada proses untuk menghasilkan ide-ide baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran Osborn dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian adalah quasi-experimental research dengan model rancangan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsS Darussyari’ah Banda Aceh, dan sampel diambil secara random sampling yaitu kelas IX1 sebagai kelas Eksperimen dan IX2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data menggunakan statistik uji-t dilakukan melalui uji normalitas data, uji homongenitas varians dan deskriptif. Sedangkan aktivitas siswa dan aktifitas guru dilakukan melalui analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Osborn lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Persamaan kuadrat kelas IX MTsS Darussyari’ah Banda Aceh di mana t_hitung>t_tabel atau 6,56 > 2,03, maka tolak H_0 sehingga diterima H_1. Analisis Siswa selama proses pembelajaran adalah kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 99%. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan sangat baik yaitu dengan skor rata-rata 4,72. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Osborn lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nisyatul Laena Laena
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:45
Last Modified: 21 Jun 2019 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item
TOP