Melisa, 140205138 (2019) Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
MELISA FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika, sebab melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan ide-ide pemikirannya. Namun kenyataannya, kemampuan siswa dalam aspek komunikasi matematis kurang optimal sehingga berakibat pada hasil belajar matematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematika tulis dan lisan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari kecerdasan intrapersonal. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar, metode pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan intrapersonal siswa, tes soal komunikasi matematika, dan wawancara terstruktur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang kecerdasan intrapersonal tinggi, kemampuan komunikasi matematika tulisnya menempati kategori lengkap dan benar pada soal nomor 1 nomor 2 dan nomor 3. Kemampuan komunikasi matematika lisannya menempati kategori sebagian benar pada soal nomor 1 nomor 2 dan 3. Siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal sedang, kemampuan komunikasi matematika tulisnya menempati kategori hampir lengkap dan benar pada soal nomor 1 nomor 2, serta menempati kategori sebagian benar pada soal nomor 3. Kemampuan komunikasi matematika lisannya menempati kategori hampir lengkap dan benar pada soal nomor 1, serta menempati kategori sebagian benar pada soal nomor 2 dan 3. Siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal rendah, kemampuan komunikasi matematika tulisnya menempati kategori informasi yang diberikan tidak rinci dan tidak menunjukkan proses solusi mereka pada soal nomor 1 nomor 2 serta untuk nomor 3 tidak dianalisis karena siswa tidak meyelesaikan soal tersebut. Kemampuan komunikasi matematika lisannya menempati kategori informasi yang diberikan tidak rinci dan tidak menunjukkan proses solusi mereka pada soal nomor 1, nomor 2 dan 3. Disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi akan terlihat unggul dalam komunikasi matematika tulis, tapi akan terlihat rendah dalam komunikasi lisan. Untuk siswa yang berkecerdasan intrapersonal redah akan terlihat kurang dalam komunikasi tulis, akan tetapi belum pasti unggul dalam komunikasi lisan. kemampuan komunikasi berkaitan dengan kecerdasan intrapersonal siswa. Kecerdasan intrapersonal tersebut berbeda-beda pada siswa dalam pembelajaran matematika. Sehingga hal ini perlu di telusuri lebih lanjut dalam pembelajaran matematika