Penerapan metode A Ba Ta Tsa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII Membaca Al-Qur'an di SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Sri Intan, 211324587 (2017) Penerapan metode A Ba Ta Tsa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII Membaca Al-Qur'an di SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Membaca Al-Qur'an)
Skripsi keseluruhan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan baca Al-Qur’an bagi para siswanya. Selama ini dalam pengajaran Al-Qur’an tidak menggunaan metode khusus hal ini cendrung membuat siswa kurang aktif sehingga kemampuan siswa membaca Al-Qur’an belum efektif. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu cara dengan menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Pernyataan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan metode A Ba Ta Tsa dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VII membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar; Apakah metode A Ba Ta Tsa dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Dan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Ingin Jaya sebanyak 20 orang siswa baik siswa dan siswi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test (pre tes dan post tes) baik lisan maupun tulisan. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa adanya peningkatan proses aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru yaitu 69.23 pada tahapan pertama pembelajaran dan 76.16 pada tahapan kedua pembelajaran pada siklus I. Kemudian pada siklus II yaitu 80.76 pada tahapan pertama pembelajaran dan 86.53 pada tahapan kedua pembelajaran. Sedangkan aktifitas siswa 58.33 pada tahapan pertama pembelajaran dan 79.16 pada tahapan kedua pembelajaran pada Siklus I, dan pada siklus II yaitu 83.33 pada tahapan pertama pembelajaran dan 91.66 pada tahapan kedua pembelajaran. Peningkatan kemampuan siswa belajar setelah diterapkan metode A Ba Ta Tsa pada pembelajaran yaitu 44.75 pada pra siklus, 81.25 pada siklus I dan 95.75 pada siklus II. Kemampuan baca Al-Quran siswa yaitu 63.68 sebelum penerapan metode A Ba Ta Tsa, 71.76 pada siklus I dan 80.75 pada siklus II. Berdasarkan paparan diatas menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui penerapan metode A Ba Ta Tsa yang diterapkan di SMPN 2 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr. Jainlani, S.Ag., M. Ag 2. Abdul Haris, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode A Ba Ta Tsa, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.2 Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Intan
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:03
Last Modified: 25 Sep 2017 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item
TOP