Metode Pembelajaran Tahfizh di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

M. Ismi, 140201045 (2019) Metode Pembelajaran Tahfizh di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FULL SKRIPSI MUHAMMAD ISMI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI MUHAMMAD ISMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebagai umat muslim, Al-Qur’an menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Al-Qur’an adalah kitab suci yang harus selalu dipegang sebagai pedoman hidup yang tidak boleh dilupakan. Mengingat penting nya Al-Qur’an dalam Islam dan kehidupan muslim, maka belajar dan mewariskan serta menjaganya adalah suatu keniscayaan. Sistem metode dan strategi pembelajaran terus di kembangkan untuk terus menginternalisasikan Al-Qur’an tidak ada terminal akhir, demikian metode yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Turki Utsmani di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center, dan bagaimana keberhasilan metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Turki Utsmani di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center berjalan sesuai prosedur yaitu menghafal Al-Qur’an dimulai dari halaman terakhir (halaman ke- 20) juz satu, kemudian dilanjutkan sampai juz 30 halaman terakhir yang disebut putaran pertama. Keberhasilan metode Turki Utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Habibi Center sudah bagus mereka menghafal Al-Qur’an selama tiga bulan dengan jumlah putaran 8. Semua santri dapat menghafal Al-Qur’an melampau target 8 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Juairiah Umar, M. Ag 2. Muhajir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Menghafal, Al-Qur’an, Metode Turki Utsmani
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Ismi Ismi
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:22
Last Modified: 24 Jun 2019 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item
View Item