Analisis Pertanggungan pada Pengajuan Klaim Kehilangan Sepeda Motor Kredit dalam Perspektif Akad Kafalah Bi al-mal (Studi Kasus di PT Mega Central Finance)

Zainura, 121309826 (2017) Analisis Pertanggungan pada Pengajuan Klaim Kehilangan Sepeda Motor Kredit dalam Perspektif Akad Kafalah Bi al-mal (Studi Kasus di PT Mega Central Finance). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Asuransi dan kafalah)
Skripsi Zainura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama : Zainura
NIM : 121309826
Fakultas/Prodi : Syari’ah dan Hukum/ Hukum Ekonomi Syariah
Judul : Analisis Pertanggungan Pada Pengajuan Klaim Kehilangan
Sepeda Motor Kredit Dalam Perspektif Akad Kafālah bi al-māl (Studi Kasus di PT Mega Central Finance)
Tanggal Sidang : 21 Juli 2017/27 Syawal 1438 H
Tebal Skripsi : 69 Lembar
Pembimbing I : Prof. Dr. Iskandar Usman, MA
Pembimbing II : Faisal Fauzan, S.E., M.Si, Ak., CA

Dalam kehidupan kontemporer sekarang, hukum Islam semakin memiliki arti penting, terutama dengan lahirnya apa yang disebut dengan institusi ekonomi, perbankan, dan asuransi, yang sangat erat kaitannya dengan hukum muamalat. Manusia yang hidup di dunia ini tidak pernah lepas dari permasalahan sehingga membutuhkan lembaga yang dapat meminimalisisasi terjadinya risiko. Salah satu lembaga yang memberi pertanggungan risiko adalah PT Mega Central Finance (MCF). PT MCF adalah lembaga yang memberikan pembiayaan. Salah satu pembiayaan yang diberikan adalah pembiayaan sepeda motor kredit, khususnya sepeda motor Honda. Jika terjadi sesuatu terhadap sepeda motor tersebut, baik itu kerusakan maupun kehilangan, maka PT MCF akan memberikan ganti rugi dalam bentuk asuransi. Melalui skripsi ini penulis ingin meneliti bagaimana prosedur pengajuan klaim yang diajukan pihak yang kehilangan sepeda motor yang dibeli secara kredit pada PT MCF, bagaimana sistem pertanggungan asuransi yang diberikan PT MCF terhadap manfaat kehilangan sepeda motor, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem pertanggungan asuransi yang diberikan oleh PT MCF terhadap manfaat kehilangan sepeda motor. Penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian dari pengumpulan data lapangan yang dilakukan dengan wawancara dan observasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa prosedur yang harus dipenuhi oleh konsumen sebelum PT MCF memberikan pertanggungan. Sistem pertanggungan yang diberikan oleh PT MCF dengan cara penetapan perusahaan asuransi secara sepihak. Praktik pertanggungan yang diberikan oleh PT MCF tidak sesuai dengan hukum Islam dan salah satu prinsip asuransi syariah yaitu adanya larangan gharar (ketidakpastian). Dari paparan di atas dapat penulis simpulkan bahwa praktik yang terjadi di lapangan berbeda dengan prinsip bermuamalah. Sebaiknya PT MCF dalam memberikan pertanggungan tidak memakan waktu terlalu lama dan harus ada unsur keterbukaan dalam melakukan perjanjian dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Iskandar Usman, MA 2. Faisal Fauzan, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pertanggungan, Klaim, dan Kafālah bi al-māl
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.235 Kafalah (Jaminan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zainura S.H
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:41
Last Modified: 29 Sep 2017 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item
TOP