Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pengupahan Wedding Singer Keyboard di Banda Aceh (Analisis menurut Konsep Ijarah 'ala al-'Amal)

Mizatun Nisa, 121309827 (2017) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pengupahan Wedding Singer Keyboard di Banda Aceh (Analisis menurut Konsep Ijarah 'ala al-'Amal). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang upah)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam fiqh akad yang mengatur mengenai pengupahan adalah ijarah ala al-amal,ijarah ala al-amal adalahmempekerjakan seseorang dengan imbalan upah. seperti dalam praktek wedding singer keyboard ini, terdapat anggota-anggota group sehingga akibat hukum timbul untuk membayar upah mereka dengan sesuai. dalam konsep ijārah alā al-amalPemberian upah kepada pekerja harus berdasarkan prinsip transparansi, dan upah diberikan setelah selesai nya pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang. Pertanyaan penulis dalam skipsi ini adalah apakah sistem pengupahan yang di terapkan oleh manajemen sudah sesuai dengan konsep ijārah alā al-amal.Penulisan skripsi ini menggunakan metodologi kualitatif dan data-data yang diperoleh dianalisis secara konten. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokuspenelitiansesuaidenganfakta di lapangan.Data yang dianalisistersebutdidapatkanmelaluianalisiswawancaradenganpihak-pihakterkait. Hasil penelitian menunjukkan sistem pengupahan yang berlaku pada wedding singer keyboard ini belum sepenuhnya sesuai dengan akad ijᾱrah alᾱ al-amal. Terdapat beberapa kekeliruan dalam penerapan sistem pengupahan tersebut, dimanapara anggota group wedding singer keyboard sering mengaku terjadinya keterlambatan dalam pembayaran upah, dan tidak adanya transparansi antara manajemen dengan anggota-anggotanya, namun tidak semua group yang penulis teliti terdapat kekeliruan, terdapat beberapa group yang telah sesuai dengan konsep ijᾱrah alᾱ al-amal.Dari paparan diatas penulis menyarankan kepada pihak manajemen di harapkan untuk dapat memerhatikan anggotanya, dari segi pemberian upah, dan penulis mengharapkan untuk membuat sistem kontrak, agar terjalinnya perjanjian yang sistematis dan transparan, sehingga apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan mudah untuk diselesaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mursyid, S.Ag., M.HI 2. Husni A. Jalil, S.Hi., MA
Uncontrolled Keywords: ijarah 'ala al-'Amal, Wedding Singer Keyboard
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Mizatun Nisa
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:26
Last Modified: 25 Sep 2017 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item
TOP