Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas X SMAN I PAntan Cuaca Kabupaten Gayo Lues

Istika Wahyuni, 140201086 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas X SMAN I PAntan Cuaca Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Tenerapan Model Pembelajaran NTH)
FOLDER GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Tenerapan Model Pembelajaran NTH)
FORM B.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Tenerapan Model Pembelajaran NTH)
FORM D.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya guru yang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan ketika belajar dan mengurangi minat siswa untuk mengikuti pelajaran yang berdampak pada prestasi siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Numbered Heads Together (NHT).. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru pada pembelajaran PAI dengan menggunakan Model Numbered Heads Together di kelas X SMAN I Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar PAI siswa kelas X SMAN I Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together? (3) Bagaimana respon siswa saat belajar PAI dengan menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMAN I Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Aktivitas guru meningkat 30 % , pada siklus I 60, 75 % menjadi 90, 75 % pada siklus II, aktivitas siswa meningkat 22, 88 %, pada siklus I 65, 62 % menjadi 88, 5 % pada siklus II, (2) Prestasi siswa meningkat dari siklus I 33, 33 % menjadi 88, 5 % pada siklus II. (3) Respon siswa yang menyatakan sangat setuju adalah 19, 25 %, setuju 55, 23 % , tidak setuju 20 % dan sangat tidak setuju 5, 23 % terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Numbered Heads Together dalam pembelajaran mampu meningkatkan prestasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model NHT, Peningkatan Prestasi Belajar,
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Istika Wahyuni 140201086
Date Deposited: 25 Dec 2019 10:32
Last Modified: 25 Dec 2019 10:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8416

Actions (login required)

View Item View Item
TOP