Emi Marlinda, 140204172 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Peserta Didik di MAN I Nagan Raya pada Materi Gerak Lurus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
EMI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran idealnya melibatkan peserta didik, baik kelompok maupun individu. Pembelajaran fisika di MAN I Nagan Raya pada umumnya masih berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dan jenuh sehingga tingkat ketuntasan KKM masih belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model NHT terhadap penguasaan konsep dan aktivitas peserta didik . Metode penelitian ini adalah Quasi Ekperimental Design dengan design Non equivalent Control Gruop Design, yang melibatkan kelas kontrol berjumlah 24 peserta didik dan kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar aktivitas. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari lembar observasi peserta didik menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil analisis dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 4,28 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil aktivitas peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran NHT dengan pernyataan positif kriteria Sangat baik 86 % dan baik 76 %, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria kurang 55% dan sangat kurang 54%. Artinya penguasaan konsep dan aktivitas peserta didik menggunakan model NHT lebih baik daripada penguasaan konsep tanpa menggunakan model NHT dan aktivitas peserta didik kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata.