Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Peserta Didik di MAN I Nagan Raya pada Materi Gerak Lurus

Emi Marlinda, 140204172 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Peserta Didik di MAN I Nagan Raya pada Materi Gerak Lurus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan  Penguasaan Konsep dan Aktivitas Peserta  Didik di MAN I Nagan Raya pada Materi Gerak Lurus]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Peserta Didik di MAN I Nagan Raya pada Materi Gerak Lurus)
EMI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran idealnya melibatkan peserta didik, baik kelompok maupun individu. Pembelajaran fisika di MAN I Nagan Raya pada umumnya masih berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dan jenuh sehingga tingkat ketuntasan KKM masih belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model NHT terhadap penguasaan konsep dan aktivitas peserta didik . Metode penelitian ini adalah Quasi Ekperimental Design dengan design Non equivalent Control Gruop Design, yang melibatkan kelas kontrol berjumlah 24 peserta didik dan kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar aktivitas. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari lembar observasi peserta didik menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil analisis dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 4,28 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil aktivitas peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran NHT dengan pernyataan positif kriteria Sangat baik 86 % dan baik 76 %, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria kurang 55% dan sangat kurang 54%. Artinya penguasaan konsep dan aktivitas peserta didik menggunakan model NHT lebih baik daripada penguasaan konsep tanpa menggunakan model NHT dan aktivitas peserta didik kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Sabaruddin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Togethet, Gerak Lurus, Penguasaan Konsep dan Aktivitas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Emi marlinda Emi
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:34
Last Modified: 02 Jul 2019 08:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item
View Item