Analisis Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Duolingo pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang

Putri Raihan, 140212053 (2019) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Duolingo pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Analisis Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Duolingo pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Duolingo pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris)
Putri Raihan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang analisis kemandirian belajar siswa menggunakan aplikasi Duolingo pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran dan tingkat kemandirian siswa menggunakan aplikasi Duolingo pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 66 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes serta kuesioner. Purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan model eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design, pada tahap awal penelitian dilakukan pemberian pretest serta angket kemandirian awal sebelum menggunakan aplikasi Duolingo dan dilanjutkan pemberian posttest dan angket kemandirian akhir setelah menggunakan aplikasi Duolingo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Duolingo memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang. Adapun untuk pengujian angket kemandirian awal memiliki persentase 61% atau dikategorikan cukup baik. Setelah menggunakan aplikasi Duolingo, penilaian kemandirian pada angket akhir memiliki persentase 73% dan dikategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Duolingo memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kemandirian siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VIII SMP Negeri 1 Sabang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan penelitian ini bisa menjadi acuan untuk penelitian tentang learning aplication selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hazrullah, S.Pd.I., M.Pd. 2. Bustami, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Duolingo, Kemandirian Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: \ Putri Raihan Putri
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:19
Last Modified: 02 Jul 2019 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item
View Item