Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Santri Muallaf Di MAS Daruzzahidin Aceh Besar

Muhammad Obi Richky H, 140201043 (2019) Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Santri Muallaf Di MAS Daruzzahidin Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of SKRIPSI FULL obi.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL obi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam menyukseskan pendidikan, pendidikan jauh dari kata sukses tanpa kehadiran seorang guru. Seorang guru harus memiliki kompetensi agar mampu mengembangkan segala petensi yang ada dalam diri peserta didik. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi pedagogik. Berdasarkan hasil observasi di Daruzahidin masih terdapat santri khususnya santri muallaf yang kurang optimal dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran PAI dan hanya sebagian kecil dari mereka yang serius belajar dan mampu bersaing dengan santri biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAS Daruzzahidin Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan ( library research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagoginya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kualifikasi guru seperti mempunyai ijazah S1 PAI, menguasai karakter santri muallaf, menguasai materi pembelajaran, menerapkan kegiatan pembelajaran yang mendidik dan telah mengupayakan semaksimal mungkin agar santri mullaf serius dalam proses belajar mengajar khususnya pembelajaran PAI. Namun ada beberapa kendala yang menjadi penyebab santri muallaf kurang optimal dan kurang serius dalam mengikuti pelajaran PAI yaitu pemahaman Islam yang minim karena santri muallaf baru beberapa tahun mengenal Islam, target kurikulum yaitu bagi santri muallaf harus mengulang materi dari dasar dan di waktu yang sama juga harus mengejar target atau materi santri yang non muallaf yang telah ditentukan oleh kurikulum,faktor lingkungan yaitu lingkungan yang mereka tempati sekarang berbeda dengan tempat tinggal mereka sebelum muallaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Bachtiar Ismail, MA Pembimbing II : Imran, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pendidikan Agama Islam, Santri Muallaf,
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.9 Pendidikan Luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Obi Richky Hasliady Obi
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:34
Last Modified: 01 Aug 2019 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item
View Item