Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pengukuran di MAN 1 Nagan Raya

Andini, 140204048 (2019) Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pengukuran di MAN 1 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pengukuran di MAN 1 Nagan Raya)
SKRIPSI GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 1 Nagan Raya, pendekatan yang dilakukan guru masih menitik beratkan pada penurunan rumus-rumus fisika melalui analisis matematis. Hal ini juga dapat dibuktikan berdasarkan analisis nilai fisika peserta didik menunjukkan hanya sebanyak 20% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 75%. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah media animasi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi Pengukuran. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di MAN 1 Nagan Raya yang menjadi sampelnya kelas eksperimen X MIPA 1yang berjumlah 20 orang dan kelas kontrol X MIPA 2 yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik setelah digunakan media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis didapat thitung 4,51> ttabel 1,67 dengan koefisien regresi sebesar 0,77 (2) Hasil Persentase angket respon Peserta didik terhadap penggunaan Media Animasi untuk pernyataan indikator 1, berikut rata-ratanya: dengan kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) = 3,3%, Tidak Setuju (TS) = 5%, Setuju (S) = 63,3% dan Sangat Setuju (SS) = 23,3%. Sedangkan untuk pernyataan indikator 2, berikut rata-ratanya: dengan kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) = 11,4%, Tidak Setuju (TS) = 11,4%, Setuju (S) = 47,1%, dan Sangat Setuju (SS) = 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pengukuran di MAN 1 Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed 2. Mukhlis, ST, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Animasi,Keterampilan Berpikir Kritis, Pengukuran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Andini Dini
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:31
Last Modified: 02 Jul 2019 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8469

Actions (login required)

View Item View Item
TOP