Rofika Indahsari, 261324620 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
FULL SKRIPSI ROFIKA INDAHSARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang dilaksana di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut berdampak hasil belajar siswa masih tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi bilangan bulat. Oleh karena itu guru seharusnya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Untuk itu, dilakukan penelitian untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan peneliti adalah Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dengan hasil siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiman. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan model kooperatif tipe think pair share sementara kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan melalui tes. Hal ini penulis menunjukan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 4,14 >1,68 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sehingga terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe think-pair-share (TPS) lebih baik dari hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan pembelajaran konvensional.