Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri Nurussalam Aceh Timur

Ayu Ramadhani, 140208054 (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri Nurussalam Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization  (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri Nurussalam Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri Nurussalam Aceh Timur)
FULL SKRIPSI AYU RAMADHANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur, diketahui dalam kegiatan belajar mengajar selama ini, seorang guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, belum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dalam proses belajar mengajar siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur, serta respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 orang siswa dan siswa kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berupa soal berbentuk pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data berupa uji homogenitas, uji normalitas, uji-t dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji-t sebesar 2,31 dengan taraf signifikan α = 0,05 atau 5% diketahui thitung ≥ ttabel atau 2,31 ≥ 1,68 sehingga Ha diterima H0 ditolak. Persentase respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebesar 38,57% yang menjawab “SS” dan 55,71 % yang menjawab “S”. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M.Pd 2. Muhammad Ridwan Harahap, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Hidrokarbon, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ayu Ramadhani Ayu
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:28
Last Modified: 04 Jul 2019 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item
View Item