Mustaqim, 140201061 (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Baghdadi Terhadap Kemampuan Ilmu Tajwid Santri Dayah Darul Iman. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
MUSTAQIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam peningkatan kemampuan baca al-Qur’an metode mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Baghdadi berpengaruh terhadap kemampuan ilmu tajwid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode quasi eksperimen desain, sedangkan desainnya adalah non equivalent control group design yang di Dayah Darul Iman dengan populasi seluruh santri kelas 3. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh di mana teknik penelitian, sampelnya dengan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dalam bentuk pilihan ganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t statistik didapat thitung> ttabel yaitu >1,68 , dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Baghdadi berpengaruh terhadap kemampuan ilmu tajwid santri Dayah Darul Iman.