Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor di SMAN 1 Beutong

Oriza Satifa Risna, 1402014194 (2019) Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor di SMAN 1 Beutong. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor di SMAN 1 Beutong)
WORD GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMAN 1 Beutong, terlihat bahwa keterampilan ilmiah peserta didik masih kurang, mereka juga tidak aktif dalam pembelajaran fisika, sehingga peserta didik tidak dapat menemukan konsepnya sendiri. Kondisi tersebut juga mempengaruhi keterampilan ilmiah dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya mengembangkan keterampilan ilmiah peserta didik yang dapat membuat mereka lebih aktif ialah pembelajaran dengan menggunakan model Guided Discovery. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery terhadap keterampilan ilmiah peserta didik pada materi Suhu dan Kalor SMAN I Beutong; (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik melalui model Guided Discovery terhadap keterampilan ilmiah peserta didik pada materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan uji persentase keterampilan ilmiah menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,84 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% dan = 0,05 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model Guided Discovery terhadap Keterampilan Ilmiah peserta didik pada materi Suhu dan Kalor di SMAN 1 Beutong. Aktivitas guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran Guided Discovery pada materi suhu dan kalor menunjukkan kategori baik dan dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Keterampilan Ilmiah, Suhu dan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Oriza Satifa Risna Oriza
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:59
Last Modified: 05 Jul 2019 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item
TOP