Kerja Sama Sekolah dan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Siswa di MIN 2 Langsa

Putri Khairani Agustini, 140201090 (2019) Kerja Sama Sekolah dan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Siswa di MIN 2 Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Kerja Sama Sekolah dan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Siswa di MIN 2 Langsa)
PdF Gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa dalam tata tertib di sekolah. Salah satu problem terjadi di MIN 2 Langsa yakni siswa masih melanggar tata tertib di sekolah. Guru selaku pembimbing yang mempunyai tanggung jawab besar terhadap perkembangan siswa. Demikian juga orang tua berperan penting dalam menyukseskan program kedisiplinan di sekolah. Adapun beberapa anak didik yang tidak disiplin dan masih melanggar tata tertib sekolah, contohnya seperti dalam larangan menggunakan handphone, tidak memakai baju seragam, terlambat pergi sekolah, tidak mengerjakan piket kelas, tidak sopan terhadap guru maupun teman, dan membuang sampah sembarangan. Prilaku tersebut adalah salah satu pelanggaran yang di lakukan oleh siswa terhadap tata tertib sekolah, dengan kata lain siswa tersebut belum disiplin. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi maka dikhawatirkan akan berdampak negatif bagi siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Apa saja upaya sekolah dengan orang tua dalam mendisiplinkan siswa MIN 2 Langsa? 2) Bagaimana bentuk kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mendisiplinkan siswa MIN 2 Langsa? 3) Apa saja faktor penghambat kedisiplinan siswa MIN 2 Langsa?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif yang menggunakan metode penelitian lapangan (Field reseacrh), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa siswa MIN 2 Langsa kelas V masih banyak yang melanggar tata tertib sekolah, seperti terlambat ke sekolah, membawa handphone dan peraturan lainnya yang mana hal ini dilarang dalam peraturan sekolah. Pihak sekolah juga apabila ada siswa yang terlambat tidak selalu diberikan hukuman. Kesimpulan penelitian ini siswa dituntut untuk mematuhi peraturan di sekolah, akan tetapi pada kenyataannya guru dan orang tua belum sepenuhnya berperan aktif untuk dapat mendisiplinkan siswa, sebagaimana ada guru yang tidak memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan dan masih ada orang tua yang membiarkan anaknya untuk tidak mematuhi peraturan yang diterapkan disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I 1. Dra. Mustabsyirah Husein, M. Ag 2. Sri Astuti, S. Pd. I., MA
Uncontrolled Keywords: Kerja Sama, sekolah, Orang tua, Mendisiplinkan, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3207 Kesehatan dan Keamanan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Khairani Agustini Putri
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:18
Last Modified: 04 Jul 2019 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item
TOP