Penerapan Model Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Siswa MTs/ SMP

Nurul Iski, 261324612 (2019) Penerapan Model Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Siswa MTs/ SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Siswa MTs/ SMP)
NURUL ISKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini karena melalui komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu model pembelajaran Brain Based Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning, (2) untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0,49 yang tergolong “sedang”, dan berdasarkan uji paired sampel t test diperoleh thitung > ttabel atau 9,03 > 1,72, hal ini berarti tolak H0 dan terima H1. Sehingga kemampuan komunikasi matematis meningkat secara signifikan (2) Berdasarkan uji t sampel independent nilai thitung > ttabel atau 3,2 > 1,67, hal ini berarti tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan model Brain Based Learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: 1. Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd. 2. Susanti, S. Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Brain Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Iski Nurul
Date Deposited: 05 Jul 2019 01:40
Last Modified: 05 Jul 2019 01:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

View Item View Item
TOP