Pengaruh Strategi Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 11 Banda Aceh

M. Julian, 140208066 (2019) Pengaruh Strategi Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Strategi Circuit Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
PDF DIGABUNG KESELURUAHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang masih sulit memahami materi kimia khususnya materi struktur atom, untuk mengatasi masalah kesulitan peserta didik tersebut ditawarkan menggunakan strategi circuit learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia pada materi struktur atom dengan menggunakan strategi circuit learning di SMA Negeri 11 Banda Aceh, untuk mengetahui pengaruh strategi circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom di SMA Negeri 11 Banda Aceh, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kimia pada materi struktur atom menggunakan strategi circuit learning di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jenis metode penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, soal pre-test dan post-test serta lembar angket. Rata-rata persentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 86,87% dan 81,25% pertemuan pertama, 88,87% dan 83,25% pertemuan kedua dan 91,12% dan 85,62% pertemuan ketiga berkategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Persentase respon siswa yang menjawab YA yaitu 71,1% berkriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujakir, M.Pd. Si 2. M. Ridwan Harahap M.Si
Uncontrolled Keywords: Circuit Learning, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: M. Julian Julian
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:19
Last Modified: 05 Jul 2019 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item
TOP