Efektivitas Model STAD dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII di MTsS Mon Malem.

Munadia Fitri, 140201076 (2018) Efektivitas Model STAD dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII di MTsS Mon Malem. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Model STAD dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII di MTsS Mon Malem)
MUNADIA FITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Efektivitas ialah tingkat keberhasilan dari suatu hal, yang ditunjukkan dengan tercapainya sasaran atau tujuan dari hal tersebut. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan dari pembelajaran tersebut dapat dicapai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang pasif pada saat pembelajaran Al-Qur’an Hadits, banyak siswa yang hanya diam, mendengarkan dan mencatat saja di dalam kelas serta siswa merasa jenuh dengan pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan suasana aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan tipe STAD pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII di MTsS Mon Malem? Apakah tipe STAD efektif diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII di MTsS Mon Malem? Apa saja hambatan dalam penerapan tipe STAD pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII di MTsS Mon Malem? Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan soal tes untuk melihat hasil belajar siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus presentase dan untuk hasil tes menggunakan rumus ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru normal dengan persentase 81,66% (baik) pada siklus I dan siklus II, (2) aktivitas siswa meningkat dari 72,5% (cukup) pada siklus I menjadi 82,5% (baik) pada siklus II, (3) hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 47,61% menjadi 83.33% pada siklus II, (4) selama proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), terdapat beberapa hambatan. Hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru diantara lain yaiu memberikan motivasi untuk menumbuhkan semangat belajar siswa dan mengontrol diskusi kelompok agar semua siswa dalam kelompok terlibat aktif dalam diskusi sehingga komunikasi kelompok terbangun dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) efektif diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII di MTsS Mon Malem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muji Mulia, M.A 2. Muhibuddin Hanafiah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.331 Tsanawiyah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munadia Fitri Muna
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:14
Last Modified: 08 Jul 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item
TOP