Penerapan Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Husna Sucia, 201223396 (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di MIN Mesjid Raya Banda Aceh belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pembelajaran IPA disebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Kegiatan guru dalam penerapan strategi pembelajaran SQ3R di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, Bagaimanakah Kegiatan siswa dalam penerapan strategi pembelajaran SQ3R di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan guru dalam penerapan strategi pembelajaran SQ3R di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, untuk mengetahui kegiatan siswa dalam penerapan strategi pembelajaran SQ3R di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV/A MIN Mesjid Raya Banda Aceh yang berjumlah 45 siswa dengan KKM Individual 70 dan klasikal 75%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) lembar observasi (2) soal post tes, (3) soal pre-tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 58% dengan katagori cukup. Kemudian aktivitas guru pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 85% dengan katagori baik, dan aktivitas guru pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan nilai 94% dengan katagori baik sekali. (2) Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 71%, pada siklus II meningkat yaitu 83%, pada siklus III meningkat 93%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 48%, dan meningkat pada siklus II sebesar 64%, pada siklus III meningkat 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muslim Razali, S.H., M.Ag. 2. Riza Zulyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi SQ3R, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Husna Sucia
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:23
Last Modified: 10 Jul 2019 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item
TOP