Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas XI MAN 1 Aceh Besar

Devi Lola Amelya, 140204192 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas XI MAN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas XI MAN 1 Aceh Besar)
DEVI LOLA AMALYAaa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa diakibatkan karena kurangnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor di kelas XI MAN 1 Aceh Besar, (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor di MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelas eksperimen (XI Mia2) dan kelas kontrol (XI Mia3). Data dikumpulkan melalui (1) soal tes dan (2) lembar aktivitas guru dan siswa. Data dari hasil tes dianalisis menggunakan soal sedangkan lembar aktivitas guru dan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor yang diperoleh dengan menggunakan statistik uji-t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel 2,31 > 1,67. (2) Hasil persentase aktivitas guru yaitu pada pertemuan 1 = 91,6%, pertemuan 2 = 89,58%, dan pertemuan 3 = 93,75%. Aktivitas peserta didik yaitu pada pertemuan 1 = 83,33%, pertemuan 2 = 85,41%, dan pertemuan 3 = 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Bukhari, S.Si., M.T 2. Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Pemahaman Konsep, Kalor dan Perpindahan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Devi Lola Amalya
Date Deposited: 09 Jul 2019 01:57
Last Modified: 09 Jul 2019 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item
TOP