Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs

Nadiatul Maulidar, 140205057 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model TPS terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis)
skripsi nadia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Hal ini memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sekedar sebagai hafalan, namun lebih dari itu. Salah satu tujuan pembelajaran matematika tingkat SMP/MTs adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Model Think Pair Share merupakan suatu model yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Karena model ini memiliki 3 tahapan yaitu thinking (berpikir), pairing (berpasangan) dan sharing (berbagi). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berdesain Post-test Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak atau cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Lam Ujong. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Setelah pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung = 2,44 dan t_tabel = 1,70. Maka t_hitung>t_(tabel ). Hal ini berarti bahwa terima H1 dan tolak H0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd. 2. Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, model Think Pair Share (TPS)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan > 519.6 Pengoptimuman Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadiatul Maulidar Nadia
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:27
Last Modified: 09 Jul 2019 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item
TOP