Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI MAN 2 Aceh Selatan

Muhammad Harja, 140204013 (2019) Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division )untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI MAN 2 Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Di Kelas XI MAN 2 Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakanQuasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control groupdesign. populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplinguntuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IPA 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang digunakan untuk mengukur data dan hasil belajar peserta didik berupa soal pre test dan post test. Teknik pengumpulan data yang diperlukan adalah data tes dari siswa dalam KBM model STAD. Teknik analisis data pada hasil tesPenelitian ini mengkaji penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division )untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI MAN 2 Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Di Kelas XI MAN 2 Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakanQuasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control groupdesign. populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplinguntuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IPA 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang digunakan untuk mengukur data dan hasil belajar peserta didik berupa soal pre test dan post test. Teknik pengumpulan data yang diperlukan adalah data tes dari siswa dalam KBM model STAD. Teknik analisis data pada hasil tes menggunakan statistik yaitu menggunakan uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung ("2,965" )>t_tabel(2,02439) pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti Ha diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelejaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan.
menggunakan statistik yaitu menggunakan uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung ("2,965" )>t_tabel(2,02439) pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti Ha diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelejaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI IPA MAN 2 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nur Aida M. Si 2. Fera Annisa M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Elastisitas dan Hukum Hooke
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Harja
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:53
Last Modified: 09 Jul 2019 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item
View Item