Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Irfa Hasliati Agusmira ch, 281223140 (2017) Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan; Metode]
Preview
Text (Pendidikan; Metode)
SKRIPSI GABUNGA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dari materi pembelajaran yang diajarkan sangat penting untuk terus meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran tergantung bagaimana peran guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem gerak pada manusia di kelas XI SMAN 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode qursi-eksperimen dengan model One Group Pre-test-post-test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa XI, sedangkan sampelnya siswa kelas XI3 yang berjumlah 24 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan cara porpusive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 dengan derajat bebas 23 dari tabel distribusi, sedangkan analisis motivasi belajar siswa menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia dengan analisis data diperoleh ttabel=1,71 sedangkan thitung=10,16 sehingga thitung> ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, sedangkan hasil penelitian motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem gerak pada manusia tergolong kategori sangat tinggi dengan perolehan rata-rata 83,05%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi sistem gerak pada manusia.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar, motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membahas tentang Model Pembelajaran Jigsow
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Irfa hasliati agusmira ch
Date Deposited: 29 Sep 2017 08:07
Last Modified: 29 Sep 2017 08:07
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item
View Item