Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah.

Teuku Jajarni, 281223209 (2019) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah]
Preview
Text (Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah)
TEUKU JAJARNII.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kendala yang dialami oleh siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar adalah sulitnya memahami pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan dengan LKPD yang digunakan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai belajar siswa hanya mencapai 65 dari 70 nilai KKM yang telah ditetapkan dan yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal hanya 13 dari 21 siswa dengan persentase 62%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa kelas VII MTsS Darul Hikmah Kajhu pada materi pencemaran lingkungan melalui lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains. Rancangan penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan bentuk desain yang digunakan one group pre-test-post-test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 di MTsS Darul Hikmah Kajhu kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah keseluruhan siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu dan sampel siswa kelas VII yang berjumlah 21 orang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 12,086 > 2,086 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya penerapan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan angket respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase 83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.331 Tsanawiyah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Depositing User: Teuku Jajarni Teuku
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:27
Last Modified: 09 Jul 2019 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item
View Item