Teuku Jajarni, 281223209 (2019) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
TEUKU JAJARNII.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Kendala yang dialami oleh siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar adalah sulitnya memahami pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan dengan LKPD yang digunakan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai belajar siswa hanya mencapai 65 dari 70 nilai KKM yang telah ditetapkan dan yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal hanya 13 dari 21 siswa dengan persentase 62%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa kelas VII MTsS Darul Hikmah Kajhu pada materi pencemaran lingkungan melalui lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains. Rancangan penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan bentuk desain yang digunakan one group pre-test-post-test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 di MTsS Darul Hikmah Kajhu kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah keseluruhan siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu dan sampel siswa kelas VII yang berjumlah 21 orang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 12,086 > 2,086 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima artinya penerapan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan angket respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik dengan rata-rata persentase 83%.