Stategi Pembinaan Ahklak Siswa Bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar

Syahril Burnama, 211120999 (2017) Stategi Pembinaan Ahklak Siswa Bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru dalam melakukan pembinaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam, (2) untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembinanaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Daruss)
Skripsi Syahril Ok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Siswa-siswi di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar masih suka mengejek, bolos sekolah, berkelahi, tidak mematuhi peraturan sekolah dan peraturan para guru, sehingga dikhawatirkan akan berlanjut pada kelakuan-kelakuan yang mengarah pada tindak pidana yang dilakukan siswa di luar sekolah. Mengatasi akhlak siswa bermaslah tersebut diperlukan strategi pembinaan oleh guru yang tepat dan efisien sehingga mampu mengatasi akhlak bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru dalam melakukan pembinaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam, (2) untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembinanaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam, dan (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembinaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini guru Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 orang, guru Bimbingan dan Konseling sebanyak 1 orang, kepala SMPN 1 Darussalam dan siswa yang memiliki akhlak bermasalah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara atau interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang adalah analisa data kualitatif yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang diperoleh di lapangan dari para informan, dengan cara mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar yaitu bolos sekolah, berkelahi, berkata kasar kepada guru, merokok di perkarangan sekolah, dan berpakaian tidak sopan atau tidak sesuai syariat Islam. (2) Strategi guru dalam melakukan pembinaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar diantaranya dilakukan melalui bimbingan, bujukan, memperbaiki lingkungan siswa bermasalah seperti lingkungan dan teman bermain yang dilakukan melalui sugesti, dan yang terakhir adalah pemberian hukuman kepada siswa yang bermasalah. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembinaan akhlak siswa bermasalah di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar, yaitu perbedaan latar belakang siswa, rendahnya dukungan orang tua, kurangnya minat siswa memperbaiki diri dan pengaruh penggunaan teknologi (handphone/android) oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. jailani,S.Ag.,M.Ag 2. Realita, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Skripsi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Burnama Syahril
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:52
Last Modified: 26 Dec 2019 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item
TOP