Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Siti Munawarah, 261324660 (2019) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP)
SKRIPSI MUNAWARAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 11 Langsa masih kurang memuaskan. Siswa belum dapat memaksimalkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematika. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, diantaranya melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 11 Langsa. Desain eksperimen yang digunakan adalah control group pretest and posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas VII-1 dan VII-2. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian diperoleh thitung= 3.11 dan ttabel= 1.67 maka t_hitung>t_tabel, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 11 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd 2. Vina Apriliani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Munawarah Siti
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:58
Last Modified: 10 Jul 2019 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8753

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. (deposited 10 Jul 2019 02:58) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP