Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write ( TTW ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya, Aceh Besar-Aceh

Mida Meitaria, 140204185 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write ( TTW ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya, Aceh Besar-Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materifluida Statis di Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar-Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materifluida Statis di Kelas XI SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar-Aceh)
SKRIPSI FULL MIDA MEITARIA.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar-Aceh salah satunya disebabkan oleh pendidik yang kurang menerapkan model pembelajaran pada saat proses belajar mengajar di kelas, sehingga peserta didik kurang aktif dan kurangnya semangat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen berupa Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design,yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas kontrol berjumbal 25 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisis dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung > tabel yaitu 2,44 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau α = 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Analisis skor N-Gain untuk kelas geksperimen > kelas gkontrol yaitu 0,60>0,47. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas XI yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi fluida statis dengan yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Eng. Nasrullah Idris, S.Si., M.T 2. Rusydi ST. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think -Talk -Write (TTW), Fluida Statis, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mida Meitaria Mida
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:14
Last Modified: 11 Jul 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item
View Item