Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di SMAN I Sawang

Zulizah, 140204090 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di SMAN I Sawang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran, pemahaman konsep siswa dan aktivitas belajar siswa)
ZULIZAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tercapainya sebuah pembelajaran tentunya harus didukung oleh pemilihan metode dan model pembelajaran yang diterapkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru dikelas kurang efektif. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa maka diterapkan model pembelajaran Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus di SMAN 1 Sawang, dan (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) pada materi gerak lurus di SMAN 1 Sawan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequeivalent control group desain. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 26 siswa. Data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t dan lembar observasi. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 4,89>2 dan (2) nilai rata- rata persentase aktivitas adalah 77,53% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi gerak lurus di SMAN I Sawang Aceh Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tipe Think Pair Share (TPS), Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zulizah Izah
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:41
Last Modified: 15 Jul 2019 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8787

Available Versions of this Item

  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di SMAN I Sawang. (deposited 15 Jul 2019 03:41) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP