Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat

Yuni Oktavianti, 140208169 (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Konsep Mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat)
SKRIPSI Full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Kaway XVI diperoleh informasi bahwa selama ini proses pembelajaran kimia khususnya materi konsep mol masih menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) nasional yang masih sangat umum dan penyajiannya kurang menarik. Materi konsep mol merupakan materi yang sifatnya matematis (perhitungan), apabila penyajian materinya kurang menarik dan rumusnya tidak dijelaskan secara bertahap maka peserta didik akan mengalami kebingungan dan kurangnya motivasi dalam belajar sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui LKPD yang dikembangkan pada materi konsep mol layak digunakan di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat, (2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat, (3) mengetahui tanggapan guru terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi konsep mol di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi dan penyebaran angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu berupa persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pada materi konsep mol yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat baik. Penilaian uji kelayakan terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi konsep mol diperoleh persentase kelayakan sebesar 88,7% (kategori sangat layak). Perolehan hasil persentase tanggapan peserta didik sebesar 97,1% (kategori baik sekali), sedangkan persentase tanggapan guru terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi konsep diperoleh sebesar 92,5% (kategori baik sekali). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan pada materi konsep mol sangat layak dan dapat digunakan pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mukhlis, M.Si 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Konsep Mol
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Yuni Oktavianti Yuni
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:46
Last Modified: 15 Jul 2019 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item
View Item