Ainul Marziah, 201325178 (2018) Kemampuan Bercerita Siswa dengan Menggunakan Model Picture and Picture pada Tema Makanan Sehat dan Bergizi Siswa Kelas IV-3 MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (16MB) | Preview
Abstract
Kemampuan bercerita siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar masih rendah dikarenakan siswa masih ragu-ragu dan belum terbiasanya bercerita di depan kelas, siswa terlihat kurang percaya diri dan sering terlihat lupa tentang isi cerita yang harus disampaikan mengakibatkan hasil siswa dalam bercerita menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita adalah dengan menggunakan model picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes kemampuan siswa dalam bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Adapun teknik analisis data adalah: (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) tes kemampuan siswa bercerita, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dengan penerapan model pembelajaran picture and picture meningkatkan dari siklus I hanya pada 68,75% menjadi 84.37%, (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya pada 70,31% menjadi 89,06%, (3) Hasil kemampuan siswa dalam bercerita pada siklus I dengan rata-rata hanya 52,17 meningkat pada siklus II menjadi 84,78 ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajarnya dengan diterapkan model pembelajaran picture and picture dalam bercerita pada siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr.Muslim RCL, S.H, M.A; 2. Irwandi,S.Pd.I, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bercerita, Model Picture and Picture |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainul Marziah Ainul |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 02:19 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 02:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8819 |