Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Audio Visual Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Irma Cyntia, 140207102 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Audio Visual Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model dan Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Model dan Media Pembelajaran)
SKRIPSI FULL BARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa terlihat bosan dan kurang mengemukakan pendapatnya. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media audio visual merupakan salah satu solusi yang dapat menjadikan pembelajaran lebih aktif dan akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media audio visual pada materi sistem peredaran darah manusia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu true experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIB (kelas eksperimen) dan kelas VIIIA (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase nilai rata-rata dan hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua tergolong sangat aktif. Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas kontrol pada pertemuan pertama dan kedua tergolong aktif. Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pre-test yaitu 34,8 dan nilai rata-rata post-test yaitu 81,2. Sedangkan siswa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pre-test yaitu 39,8 dan nilai rata-rata post-test yaitu 77,8. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung > ttabel (3,16 > 1,68) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nurasiah, M.Pd 2. Nurlia Zahara, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Media Audio Visual, Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Irma Cyntia Irma
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:17
Last Modified: 12 Jul 2019 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item
View Item