Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Negeri 2 Seunagan.

Mellyna Silvia, 140208047 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Negeri 2 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Negeri 2 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.]
Preview
Text (Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Negeri 2 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada SMA Negeri 2 Seunagan adalah siswa belum mampu menguasai setiap materi yang diajarkan oleh gurunya, pada saat guru memberi permasalahan terhadap materi pembelajaran untuk dapat diselesaikan oleh siswanya tetapi siswa tersebut kurang mengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 2 Seunagan. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-test. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yaitu siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Seunagan yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 Laki-Laki dan 8 Perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes. Pada hasil belajar diperoleh analisis pre-test siswa dengan x ̅ = 35, 57 varians adalah s^2 = 77,114 dan untuk simpangan bakunya adalah s = 8,78, sedangkan jumlah nilai rata-rata post-test siswa x ̅ = 78,76 varians adalah s^2=154,01 dan untuk simpangan bakunya adalah s = 12,41 Pada uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain dalam penelitian ini adalah 0,76, sedangkan dari hasil penelitian dan setelah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar diperoleh hasil yakni ketuntasan belajar secara individual 71,43% dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Mellyna Silvia Meli
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:47
Last Modified: 12 Jul 2019 04:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item
View Item