Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar

Surianti, 140206093 (2019) Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar]
Preview
Text (Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar)
SURIANTI - PDF Gabung.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan yang nyata. Sedangkan teknologi pendidikan merupakan suatu komponen yang penting dalam lembaga pendidikan yang dapat menyajikan informasi dan sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar dan mampu mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efesien. Faktanya masih ada guru yang kurang berkemauan dalam penggunaan teknologi pendidikan, sarana dan prasarana yang masih kurang maksimal dalam penggunaan teknologi pendidikan. Sementara prestasi belajar merupakan hal utama yang diharapkan dalam suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui strategi penggunaan teknologi pendidikan, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung penggunaan teknologi pendidikan, dan untuk mengetahui kendala penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN Modal Bangsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru pembelajaran, dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu: Kepala sekolah memberi pelatihan teknologi pedidikan terhadap guru, mengadakan pegawasan dalam pembelajaran, guru yang aktif dan kreatif dalam penggunaan teknologi pendidikan. Faktor pendukung dalam penggunaan teknologi pendidikan sarana dan prasarana yang memadai, kerja sama dengan semua pihak sekolah. Kendala dalam penggunaan teknologi pendidikan guru yang kurang berkemauan dalam penggunaan teknologi pendidikan disaat proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang maksimal dalam penggunaan teknologi pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Jamaliah Hasballah, M. Ag 2. Nurussalami, S. Ag. M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Teknologi Pendidikan, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.7 Penggunaan Buku dan Media lainnya sebagai Sumber Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Surianti Yanti
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:40
Last Modified: 15 Jul 2019 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8851

Actions (login required)

View Item
View Item