Analisis Mekanisme Klaim Garansi dalam Jual Beli Hp di Kec. Baiturrahman dan Kuta Alam (Studi Tinjauan dalam Perspektif Khiyār ‘Aib)

Miza Nul Hayat, Miza Nul Hayat (2017) Analisis Mekanisme Klaim Garansi dalam Jual Beli Hp di Kec. Baiturrahman dan Kuta Alam (Studi Tinjauan dalam Perspektif Khiyār ‘Aib). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Hukum Ekonomi]
Preview
Text (Membahas Tentang Hukum Ekonomi)
merged(2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam jual beli dikenal dengan adanya hak opsi atau Khiyār yaitu hak untuk melanjutkan atau membatalkan suatu transaksi. Sehubung dengan perkembangan perekonomian, maka akan menghasilkan pula variasi barang yang beragam, untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen, salah satu upaya yang dilakukan yaitu memberikan garansi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perjanjian garansi jual beli hp di Kec. Biturrahman dan Kuta Alam, bagaimana bentuk penyelesaian masalah terhadap klaim garansi jual beli hp di Kec. Biturrahman dan Kuta Alam dan bagaimana tinjauan khiyār ‘aib terhadap pergajuan klaim garansi hp. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah perjanjian garansi merupakan perjanjian sebelah pihak yang dibuat oleh salah satu dari dua orang yang melakukan garansi dan biasanya perjanjian garansi dibuat oleh penjual dan harus dipatuhi oleh kedua belah pihak, perjanjian garansi berbentuk lisan dan tulisan. Penyelesaian masalah terhadap klaim garansi di Kec. Biturrahman dan Kuta Alam belum berjalan dengan semestinya, dikarenakan pihak ponsel belum begitu merespon konsumen yang mengklaim garansi, pihak ponsel seringkali mengulur-ulur waktu dan juga seringkali lepas tangan terhadap konsumen yang mengklaim garansi. Pelaksanaan garansi belum sepenuhnya memberikan hak khiyārnya (khiyār ‘aib) kepada konsumen untuk mendapatkan ganti rugi terhadap kerusakan, dan garansi pada objeknya terdapat ketidakjelasan (gharar), karena tidak adanya kejelasan terhadap waktu dan pelayanan yang mereka berikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Kamarruzzaman, M.Sh 2.Misran, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Klaim, Garansi Hp, Khiyār ‘Aib
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Amalia Amalia Hidayati Miza Nul Hayat
Date Deposited: 09 Oct 2017 09:17
Last Modified: 20 Mar 2018 05:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item
View Item