Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Zakia Yasmin, 140209009 (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh)
ZAKIA YASMIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan membaca siswa dan masih banyak siswa yang masih belum bisa membaca cepat karena guru di kelas tersebut belum pernah menetapkan metode speed reading dalam pembelajaran, oleh karena itu banyak siswa yang kesulitan dalam membaca cepat sehingga diharapkan dengan penggunaan metode speed reading dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah aktivitas guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode speed reading pada siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode speed reading pada siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode speed reading pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh? Tujuan metode speed reading salah satunya adalah agar pembaca dapat cepat menyelesaikan bacaannya secara cepat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MIS Lamgugob Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Dan hasil belajar siswa sebesar 65,8% pada sikuls I dan meningkat menjadi 87,8% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil penelitian yang berlangsung selama II siklus menunjukkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada kelas pada kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M. Ag 2. Nida Jarmita, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode speed reading, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zakia Yasmin Zakia
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:02
Last Modified: 31 Jul 2019 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item
View Item