Arifmawati, 251324467 (2019) Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Terbimbing Pada Materi Tekanan Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA fisika khusus nya materi Tekanan di SMP Negeri 1 Pasie Raja,ditemukan bahwa pembelajaran Fisika masih menyampingkan praktek dan pembelajaran hanya berjalan satu arah saja dari guru kepada siswa sehingga banyak siswa yang tidak meyadari pentingnya belajar khususnya pada materi yang berkaitan dengan mata pelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran eksperimen terbimbing pada konsep tekanan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Pasie Raja dan untuk mengetahui apakah metode eksperimen terbimbing efektif untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di SMP Negeri 1 Pasie Raja.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design One-Group, yang hanya melibatkan satu kelas VIII3 yang berjumlah 26 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal Pretest-posttest dan lembar obsevasi. Data hasil Pretest-posttest dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil lembar obsevasi siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistic menunjukanbahwa yaitu :1,57>0,25 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing efektif untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di SMP Negeri 1 Pasie Raja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Mulyadi Abdul Wahid,M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen terbimbing,tekanan, ketuntasan hasil belajar |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Arifmawati Arif |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 02:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 02:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8878 |