Penerapan Metode Eksperimen Melalui Strategi Kelompok Acak (Scrembled Groups) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dikelas VII MTSS Tgk. Chiek Oemar diyan Indrapuri

Devi, 251222828 (2017) Penerapan Metode Eksperimen Melalui Strategi Kelompok Acak (Scrembled Groups) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dikelas VII MTSS Tgk. Chiek Oemar diyan Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Eksperimen Melalui Strategi Kelompok Acak (Scrembled Groups) Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dikelas VII MTSS Tgk. Chiek Oemar diyan Indrapuri]
Preview
Text (Penerapan Metode Eksperimen Melalui Strategi Kelompok Acak (Scrembled Groups) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dikelas VII MTSS Tgk. Chiek Oemar diyan Indrapuri)
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTsS Tgk. Chiek Oemar Diyan masih banyak siswa tidak semangat dalam belajar fisika karena tidak adanya penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang tepat dan bervariasi. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dan media yang tepat agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Peneliti memanfaatkan metode eksperimen pada strategi Scrambled Groups sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada strategi Scrambled Groups pada materi Kalor di MTsS Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Tgk. Chiek Oemar Diyan yang berjumlah 282 siswa dan terdiri dari 7 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen. Sedangkan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tes hasil belajar siswa dan dianalisis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, nilai pre-tes siswa sebelum diteterapkannya metode eksperimen pada strategi kelompok acak nilai rata- rata siswa yaitu 42,7 sedangkan nilai post-tes siswa yang sudah menggunakan metode eksperimen pada strategi kelompok acak memperoleh nilai rata-rata 76,8 dan uji hipotesis diketahui bahwa t_hitung 12,95 > t_(tabel ) 1,994 artinya ada peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII di MTsS Tgk. Chiek Oemar Diyan. Hal ini menunjukkan bahwa pengunaan metode pada strategi Scrambled Groups dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. Soewarno S, M. Si 2. Samsul Bahri, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan , Metode Eksperimen, Scrambel Groups, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Devi Devi
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:47
Last Modified: 15 Jul 2019 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item
View Item