Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Otot dan Fungsinya Melalui Penggunaan Audio-visual pada Siswa Kelas II4 MTsN Montasik Tahun Pelajaran 2015/2016

Wulan Sary, 281121789 (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Otot dan Fungsinya Melalui Penggunaan Audio-visual pada Siswa Kelas II4 MTsN Montasik Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pemahaman konsep materi otot dan fungsinya pada siswa kelas II4 MTsN]
Preview
Text (Membahas tentang pemahaman konsep materi otot dan fungsinya pada siswa kelas II4 MTsN)
Wulan Sary.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian peningkatan aktivitas belajar materi Otot dan Fungsinya melalui penggunaan audio-visual pada siswa kelas II4 MTsN Montasik tahun pelajaran 2015/2016, telah dilakukan pada tanggal 23-30 November. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan peningkatan pemahaman konsep materi otot dan fungsinya pada siswa kelas II4 MTsN Montasik Aceh Besar. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam pengamatan ini adalah seluruh siswa kelas II4 MTsN montasik dengan jumlah 27 siswa. Alasan peneliti mengambil subyek kelas II4 dikarenakan permasalahan terhadap pemahaman terdapat di kelas tersebut yang terbukti nilai ketuntasan secara individual masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) minimal yang telah ditetapkan yaitu 65. Sehingga perlu adanya tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan siswa (LOKS) dan soal tes kemampuan konsep otot dan fungsinya. Hasil analisis data penelitian diketahui pembelajaran dengan menggunakan media Audio-visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan pemahaman materi. Hal tersebut terlihat dari aktivitas belajar siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media Audio-visual terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II dan III, Aktivitas siswa pada siklus I 56,81%, siklus II 59,21% dan siklus III 65,88. Demikian juga dengan hasil test siswa terlihat adanya peningkatan nilai, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio-visual dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Otot dan Fungsinya pada siswa kelas II4 MTsN Montasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr Fakhri Yacob, M.Ed, NIP. 196704011991031006 2.Lina Rahmawati. M.Si, NIP. 197505271997032003
Uncontrolled Keywords: Media, Audio-visual, Aktivitas, Hasil belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:30
Last Modified: 24 Jul 2017 09:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item
View Item