Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN Darussalam Aceh Besar

Niswatulkhaira, 291325035 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (membahas tentang model pembelajaran)
Skripsi Niswatul Khaira (291325035).compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Niswatul Khaira1, Dr. Hilmi, M. Ed2, Teuku Badlisyah, M.Pd3
1Mahasiswa UIN Ar-Raniry Program Studi Pendidikan Kimia
2Dosen UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
3 Dosen UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan

Dalam pembelajaran kimia masih banyak siswa yang hasil belajarnya rendah. Penyebab rendahnya hasil belajar karena siswa mengalami kesulitan dalam mengingat konsep-konsep kimia.Dengan demikian untuk mengatasi masalah ini diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa salah satunya adalah model Mind Mapping dan keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model ini lebih tinggi dari pada hasi belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung pada materi koloid di kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar, dan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model ini Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain control group pre test post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII/1dan XII/2.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar angket respon siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan denganmodel Mind Mapping dan keterampilan proses lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung pada materi koloid di kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar. Hal ini didasarkan hasil ujian akhir yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05, maka diperoleh t_hitung= 2,17 dan t_(tabel )= 1,66 maka thitung > ttabel yaitu 2,17 > 1,66.Kemudian respon sangat positif siswa dengan skor rata-rata 3,29.
Kata kunci : Mind Mapping dan keterampilan Proses, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hilmi, M. Ed 2. Teuku Badlisyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping dan keterampilan Proses, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms niswatul khaira
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:38
Last Modified: 17 Mar 2018 15:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item
View Item