Peningkatan Hasil Belajar Bidang Fiqih Melalui Kegiatan Literasi di MTsN 6 Pidie.

Asy Syifa Zakia, 140201251 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bidang Fiqih Melalui Kegiatan Literasi di MTsN 6 Pidie. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Bidang Fiqih Melalui Kegiatan Literasi di MTsN 6 Pidie.]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Bidang Fiqih Melalui Kegiatan Literasi di MTsN 6 Pidie.)
SKRIPSI ASY SYIFA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Literasi merupakan suatu kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh siswa di mana literasi dapat mendorong siswa untuk membaca dengan giat, penuh gairah dan belajar dengan sungguh-sungguh. Apabila kegiatan berliterasi sudah menjadi kebutuhan pada diri siswa makna hasil belajar pada bidang Fiqih akan lebih baik. Penelitian peningkatan hasil belajar bidang fiqih melalui kegiatan literasi dalam pembelajaran fiqih di MTsN 6 Pidie terdapat masalah yang di teliti banyaknya siswa yang belum lancar dalam membaca dan tidak bersemangat dalam mengikuti aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan membaca pada siswa pada pembelajaran fiqih di MTsN 6 Pidie. Adapun metode yang peneliti lakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Yaitu penelitian yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Untuk memperoleh datas terhadap permasalah tersebut penelitian menggunakan tes yang berbentuk pre tes dan post tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat dua siklus. Siklus I yaitu sebanyak satu kali pertemuan dan siklus II sebanyak satu kali pertemuan. Dengan nilai pre tes siklus I 62,8%.dan post tes siklus I 70,4%. Dan siklus II pre tes 76,8% dan post tes siklus II 81,6%. Penelitian tindikan kelas ini dilakukan pada kelas VII 6. Yang terdiri dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kegiatan literasi dapat meningkatkan hasil belajar dan kelancaran dalam membaca.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Jailani, S. Ag., M. Ag 2. Saifullah Maysa, S,Ag. M,Ag
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Literasi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asy Syifa Zakia Syifa
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:37
Last Modified: 16 Jul 2019 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item
View Item