Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ MD) UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Heri Agusman, 140403051 (2019) Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ MD) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Pengamatan Peneliti, yang menjadi Permasalahan pada Himpunan
Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah disebabkan: Kurangnya Fasilitas
pelayanan sehingga dapat menghambat kelancaran pelayanan, Tingkat
kenyamanan selama proses pelayanan masih rendah, Asumsi Mahasiswa
Terhadap waktu pelayanan masih lambat, Himpunan Mahasiswa Jurusan
Manajemen Dakwah (HMJ-MD) belum melakukan analisa tingkat kepuasan
secara berkala, Kualitas pelayanan berdasarkan tingkat kepuasan Mahasiswa
dalam Mengukur Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah
(HMJ-MD) yang belum diketahui. Maka Peneliti Menfokuskan Penelitian ini
Pada kualitas pelayanan berdasakan tingkat kepuasan Mahasiswa dalam
Mengukur Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah (HMJ-
MD) yang belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepuasan
Mahasiswa Terhadap Kinerja Pelayanan Himpunan Mahasiswa Jurusan
Manajemen Dakwah (HMJ MD). Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif
dengan pendekatan Kuantitatif, Populasi Penelitian ini adalah Pengurus HMJ MD
dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah UIN Ar-Raniry sebanyak 428 orang.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Teknik Survei. Ukuran sampel
sebanyak 127 orang dengan menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan
data menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Angket. Teknik analisis data
menggunakan Analisis indeks kepuasan Masyarakat (IKM), Interprestasi dan
Analisis Kuadran. Hasil Penelitian ini menunjukkan berdasarkan indikator
Kepuasan Mahasiswa HMJ MD Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat
(IKM) 64,90, indikator yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
tertinggi Perilaku Pelaksana=3,99 dengan nilai konversi sebesar 79,84 nilai bobot
“B” kategori “Setuju”, Sedangkan Nilai terendah Indikator Penanganan
pengaduan, Saran dan Masukan=2,45 dengan nilai konversi sebesar 48,98 nilai
bobot “D” kategori “Tidak Setuju”. Berdasarkan indikator Kinerja HMJ MD
menunjukkan Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 67,20, Indikator
yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi Sarana dan
Prasarana=4,54 dengan nilai konversi 90,71 nilai bobot “A” kategori “Sangat
Penting”, sedangkan nilai terendah Indikator Biaya/ Tarif=1,97 dengan nilai
konversi 39,37 nilai bobot “D” kategori “Tidak Penting”. Hal ini dapat dibuktikan
dengan Hasil Analisis Kuadran, Kuadran A: sangat Penting oleh mahasiswa tapi
HMJ MD tidak melaksanakan, Kuadran B: Penting bagi Mahasiswa dan HMJ MD
Melakukan, Kuadran C: Kurang Penting Bagi Mahasiswa Tapi HMJ MD
Melakukan, Kuadran D: Tidak Penting Bagi Mahasiswa Tapi HMJ MD
Melakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mahmudin, M.Si 2. Fakhruddin, SE, MM Penguji 1.Khairul Habibi, S.Sos.I, M.A 2. Muzakkir Zabir, S.Sos.I, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Heri Agusman Heri
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:25
Last Modified: 22 Jul 2019 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item
TOP