Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa SMP/MTs

Lidia Rosadi, 140205086 (2019) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Discovery Learning)
LIDIA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk memahami konsep-konsep dalam matematika. Kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.Model Discovery Learning merupakan suatu model yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model Discovery Learning, (2) untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest equivalent group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Selatan.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling.Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIc sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) t_hitung = 12,43dan t_tabel = 1,70 maka t_hitung>t_tabel, berarti bahwa model Discovery Leaarning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa. (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh t_hitung = 2,06 dan t_tabel = 1,67makat_hitung>t_tabel, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovey Learning, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lidia Rosadi
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:56
Last Modified: 22 Jul 2019 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8963

Actions (login required)

View Item View Item
TOP