Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga, Sibreh Aceh Besar

Zahratul Masykurah, 261324598 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga, Sibreh Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga, Sibreh Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga, Sibreh Aceh Besar)
SKRIPSI MASYKUR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah suatu kemampuan pengubahan (translation), pemberian arti (interpretation), dan pembuatan ekstrapolasi (ekstrapolation). Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu membuat peserta didik menerjemahkan materi, menjelaskan materi, menentukan konsep-konsep yang tepat dan menerapkan konsep dalam perhitungan matematika untuk menyelesaikan soal. Namun berdasarkan tes pemahaman konsep pada siswa SMPN 1 Simpang Tiga diperoleh siswa yaitu 67,86 dengan kriteria sangat kurang. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, yaitu model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Model pembelajaran ATI memiliki empat tahapan yang meliputi: treatment awal, pengelompokan siswa, memberika perlakuan, dan acievement-test. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini (1) Apakah model pembelajaran ATI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga? (2) Apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ATI lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berdesain pre-test post-test control group design. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh t_hitung= 9,765 dan t_tabel= 1,711, maka t_hitung> t_(tabel ), hal ini berarti terima H1 tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ATI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. (2) Berdasarkan uji-t independen, maka diperoleh t_hitung = 2,47dan t_(tabel ) = 1,675. Maka t_hitung> t_(tabel ). Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ATI lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ir. Johan Yunus, S.E., M.Si. 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ATI, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahratul Masykurah Zahra
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:04
Last Modified: 30 Jul 2019 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item
View Item